Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Sepak Bola dan Wisata

 

Sepak Bola dan Wisata
Foto: Bapak sama Anak Jalan Bareng ke Stadion/Twitter (@prmijakarta)

Salah satu aspek pendukung pertandingan sepak bola agar menarik itu adalah para suporter. Nah, hal tersebut pun menjadi salah satu yang amat penting. Sebab, bayangkan saja kalau pertandingan tanpa suporter itu bisa menjadi seperti sayur tanpa garam. Oleh karena itu, tak jarang juga para suporter ini menjadi salah satu pendongkrak semangat tim yang didukungnya. 


Memang zaman sekarang, sepak bola itu tak hanya dinikmati oleh kaum lelaki saja. Akan tetapi, kaum perempuan juga sudah banyak yang menyukai sepak bola. Hal semacam itu bisa terlihat dari bagaimananya para perempuan atau wanita berbondong-bondong ke stadion untuk menonton pertandingan. Hal itu pun menjadi salah satu warna yang bisa terlihat dari keindahan sepak bola di zaman ini. 


Harus diakui bahwa sepak bola sudah menjadi ajang yang patut ditunggu dan dinikmati bersama keluarga. Bukan hanya itu saja! Namun, sepak bola pun banyak mempunyai nilai yang bisa diterapkan untuk kehidupan sehari-harinya. Kemudian, apa, sih? Sudah banyak yang mengetahui bahwa sepak bola adalah permainan tim jadi siapa yang bisa bekerja sama maka itu yang akan menang. Nah, hal semacam itu pun harus bisa ditarik untuk menunjang kehidupan sehari-hari, yaitu hidup pun harus senantiasa kerja sama. 


Mungkin, hal semacam itu banyak yang menganggap tabu. Namun, filosofi di dalam sepak bola itu memang sangat mantap kalau bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari juga. Kemudian, banyak juga yang mempunyai rasa emosional yang tinggi ketika menonton pertandingan sepak bola. Nah, dari semua itu pun telah tercipta bagaimana sepak bola sesungguhnya; bisa karena rasa faktor kedaerahan; nasionalis ataupun lainnya. 


Zaman sekarang, tak jarang juga banyak orang yang sudah melihat sepak bola itu bagian dari wisata. Bahkan, banyak orang juga yang berpergian ke luar daerah ataupun luar negeri hanya untuk berwisata sepak bola. Nah, hal semacam itu pun menjadi suatu peluang yang banyak dimanfaatkan oleh tim bola profesional itu sendiri. Dimanfaatkan bagaimana? Ya, tim profesional itu membangun atau mempercantik stadion; menyediakan kafe hingga membuat museum khusus untuk tim dan fans-nya. 


Hal semacam itu pun tentu bisa memanjakan para penggemar sepak bola. Nah, apalagi sepak bola sudah bisa menjadi bagian hidup. Mungkin, semua yang akan dicarinya itu tentang sepak bola mulu. Tak jarang juga stadion bisa menjadi salah satu ajang tempat liburan atau wisata. Ya, bisa untuk menghibur otak yang sedang panas akibat pekerjaan ataupun lainnya. Kenapa bisa seperti itu? Ya, datang ke stadion dan berdiri langsung di tribun bisa memacu rasa dan masalah-masalah yang sedang menyerang pun bisa lupa walaupun hanya sementara. 



Sepak bola pun bisa menjadi sarana edukasi kepada anak ataupun lainnya! Ya, bagaimana cara kerja sama tim yang indah itu dan banyak lainnya. Memang, hiburan ini banyak yang menganggap adalah hiburan merakyat. Kenapa dianggap seperti itu? Ya, hal semacam ini sudah banyak yang mengetahui bahwa sepak bola adalah olahraga yang terfavorit di dunia. Jadi, anggapan bahwa sepak bola adalah olahraga merakyat itu benar-benar saja karena yang bisa menikmati sepak bola ini bisa dari semua kalangan tanpa pandang bulu.



Patut menjadi sebuah gambaran bahwa banyak juga orang yang mengajak keluarganya ke stadion. Ya, bukan tanpa maksud lagi bahwa orang-orang itu mau menonton sepak bola. Jadi, hal semacam ini pun menggambarkan bahwa sepak bola tak hanya bisa dinikmati oleh lelaki saja. Akan tetapi, kaum perempuan; anak-anak; remaja hingga dewasa pun bisa. 


Mungkin zaman dulu, banyak yang beranggapan bahwa menonton sepak bola di stadion itu sangat menyeramkan. Menyeramkan karena sering terjadi bentrokan antarsuporter ataupun lainnya. Namun, sangat berbanding terbalik di zaman sekarang yang anggapan seperti itu mulai sedikit demi sedikit bisa dihilangkan. Kemudian, stadion-stadion mampu bisa menyedot perhatian para perempuan atau wanita untuk datang dan duduk di tribunnya sambil menikmati pertandingan yang ada di lapangan. Nah, bagaimana indah, bukan? 


Mungkin, emosional seorang lelaki dan wanita bisa lebih tinggi emosional yang dirasakan wanifa ketika menonton langsung ke stadion. Nah, hal tersebut juga bisa terlihat bahwa para wanita pun tak jarang banyak yang menangis di kala tim kebanggaannya kalah. Nah, hal tersebut pun bisa memantik perasaan sehingga bisa saja mungkin air matanya akan turun dan membasahi wajah. 


Membicarakan keindahan sepak bola di zaman ini tak akan ada habisnya. Sebab, sepak bola itu terus berjalan mengikuti perkembangan zaman. Ya, bisa terlihat juga mungkin karena banyak yang memprotes akibat kesalahan wasit meminpin pertandingan. Maka, sepak bola di zaman sekarang pun sudah didukung oleh teknologi-teknologi yang canggih agar bisa selalu fair dalam bertandingan. 


Tak hanya sampai situ saja bahwa para penonton pun bisa dimanjakan atau dibuat kesal dengan teknologi semacam itu. Ya, tak jarang juga sebuah teknologi yang sudah diterapkan, semisal VAR itu mendapak kritikan pedas dari pengamat sepak bola. Ya, bisa mengurangi drama dari sepak bola itu sendiri ataupun lainnya. 


Namun, fokus kali ini harus bisa melihat ke depan bahwa zaman semakin canggih dan manusia pun harus bisa menerima semua perkembangannya. Oleh karena itu, tak jarang juga para penonton dibuat bersyukur karena adanya teknologi semacam itu. Jadi, teknologi semacam itu pun bisa menjadi sebuah bukti perkembangan yang ada di sepak bola ini. 


Sepak bola pun bukan hanya memainkan bola kaki ke kaki saja. Akan tetapi, dari semua itu akan terjadi sebuah penghargaan yang berharga jikalau pemain itu memainkannya dengan indah. Ya, misalnya mendapatkan standing applause ataupun lainnya. Nah, hal semacam ini menjadi sebuah keunikan yang terdapat di dalam sepak bola. 



Memang, pemain yang bisa mendapatkan standing applause dari penonton itu harus mempunyai skill tinggi atau memainkan bola dengan indah. Ya, misalnya seperti Ronaldinho dan banyak pemain lainnya yang mampu mendapatkan standing applause dari penonton lawan ataupun sendiri. 


Jika, merujuk ke dalam itu maka sepak bola tak hanya permainan olahraga saja. Akan tetapi, di dalam sana bisa memunculkan entertainers yang bisa menghibur para penonton. Nah, hal semacam itu harus bisa diketahui bahwa di zaman ini sepak bola bisa bertransformasi menjadi suatu bisnis yang menjanjikan. Bahkan, banyak para pengusaha yang melirik sepak bola menjadi suatu pelabuhan bagi mengembangkan dunia bisnisnya. 



Harus bisa dipahami juga bahwa dari dunia bisnis yang dibangun oleh para pengusaha itu maka akan berdampak pada perekonomian suatu timnya. Kemudian, bisa banyak mendatangkan para penonton atau para wisatawan sepak bola untuk menonton atau berwisata di museum, stadion, dan tempat yang sudah dibangun dalam wisata sepak bolanya. 


Nah, hal semacam itu pun mungkin sudah biasa terjadi di luar negeri. Bahkan, tim-tim yang ada di luar negeri pun sudah dianggap oleh pemerintahnya sebagai ikon atau daya pikat untuk menarik para wisatawan berkunjung. Nah, mungkin di Indonesia pun harus menancapkan hal sama seperti yang terjadi atau ada di luar negeri itu. 


Memang, menancapkan hal semacam itu butuh proses yang panjang. Mungkin, harus juga didukung oleh fans-nya sendiri. Maka dari itu, menciptakan hal-hal yang bisa memajukan sebuah tim dan memanjakan para penonton agar seperti sedang liburan itu harus saling kerja sama antara fans dan pengurus timnya itu sendiri.[]


Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN