Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Kurasi Fiksimini (1)


PENYAKIT BARU - "Gawat! Seluruh warga sudah kecanduan!" | "Upgrade servernya! Jangan sampai mereka sembuh!"

– Qary Ahnaf 


Menurut Anda, apa yang tersirat dari FM di atas ini? Ya, tentu salah satunya FM ini sangat menarik kalau bisa diulik lebih dalam lagi. Sebab, FM ini pun bisa menjadi berkembang dalam cara penafsirannya. Nah, hal semacam itu pun tergantung seseorang dalam menafsirkannya. 

Langsung saja, saya pun tertarik menafsirkan FM ini, kenapa tertarik? Ya, jawabannya sudah ditulis di bagian atas tulisan ini!

Pertama, coba dari jantung sebuah tulisan terlebih dahulu, yaitu 'PENYAKIT BARU'. Dalam judul ini bisa ditafsirkan berbagai macam dan ini pun sangat menarik bahwa bisa dilihat dari permainan judul hingga isinya bisa saling melengkapi dalam menciptakan puntiran dalam FM. Kenapa bisa seperti itu? Ya, coba dilihat dari penulisan judul hingga ke bagian dialog akhir yang bisa saja salah fokus dalam penafsirannya. Mungkin, banyak orang yang mengira bahwa judul ini hanya pelengkap dan berarti biasa saja artinya, ya, hanya penyakit baru yang biasa. Akan tetapi, kalau melihat dari tulisan FM ini akan sangat berbeda. Entahlah! Apa yang merasuki penulis sehingga bisa membuat FM seperti ini. Kemudian, seperti apa, sih? 

Judul dari sini bisa menggambarkan bahwa penyakit baru itu adalah penyakit yang dibuat oleh manusia, bisa berupa virus atau sebuah chip yang ditempelkan ke dalam otak sehingga bisa dimainkan dari jarak jauh lewat server yang memadai. Nah, hal semacam itu pun mungkin penulis tak menyangka akan bisa sebesar ini jangkauan yang ditulisnya. Memang, dalam hal ini sedikit bisa berpikir bahwa suatu proses pun pasti ada sebabnya. Nah, bisa dilihat dari permainan judul yang dimainkan dengan kata dialog bagian penutup. Nah, hal tersebut bisa menjadi salah satu kesatuan yang jelas sehingga bisa saja menjadi salah satu daya kejut bagi si pembaca. 



Kemudian, maksud penulisan judul seperti itu pun sudah diketahui bahwa penyakit baru itu adalah sesuatu yang ditempelkan ke dalam tubuh manusia, ya, bisa berupa virus atau chip seperti di film-film. Oleh karena itu, hal tersebut pun seperti yang terjadi di film luar negeri (judulnya saya lupa lagi). Namun, kalau melihat dari permainan dialog pun yang ada di FM atas ini! Bisa dilihat bahwa di sana terjadi dua dialog yang berbeda. Kenapa bisa berbeda? Ya, bisa saja karena FM ini diciptakan dengan begitu padat sehingga bisa menarik. 

"Gawat! Seluruh warga sudah kecanduan!" Nah, dialog itu menggambarkan bahwa dari kalangan korban. Harus bisa diketahui bahwa di sana ada kata 'Gawat!' yang bisa berarti sudah panik sebab karena sesuatu sedang mengancam. Ya, sudah diketahui bahwa sedang terjadi sesuatu kepada para warga itu karena ada penyerangan suatu virus atau bisa berbentuk lainnya, misalnya chip. Oleh karena itu, warga pun sudah sangat payah dalam menghadapi semua itu karena sudah kecanduan akan hal yang mungkin saja tak bisa dilepaskan. Hal tersebut pun bisa dilihat dari permainan kata-kata 'Seluruh warga sudah kecanduan!'. Maka, banyak warga juga yang sudah terpapar penyakit baru itu.

Setelah itu, masuk kepada dialog akhir, yaitu "Upgrade servernya! Jangan sampai mereka sembuh!". Dalam hal ini bahwa dialog ini sifatnya berbeda dan tak nyambung dengan dialog yang pertama. Kenapa bisa berbeda? Ya, bisa dikatakan ini dialog dari kubu pelaku. Ya, bisa dikatakan bahwa FM ini berhasil dalam membangung sebuah cerita yang mana di sini ada antagonis dan protagonis. Nah, hal tersebut bisa dilihat dari kedua dialog yang dituliskan oleh penulis FM ini. Sungguh, hal semacam ini pun bisa menjadi salah satu kesatuan yang indah dalam menciptakan FM yang berhasil. 

Kembali lagi ke penafsiran bagian akhir bahwa "Upgrade servernya! Jangan sampai mereka sembuh!". Ya, bisa dilihat bahwa suatu sistem pun bisa kadaluarsa sehingga para korban sudah mau sembuh atau virus itu menghilang. Namun, dari pihak pelaku pun tak menginginkan hal tersebut terjadi sehingga hal ini pun dicoba di-upgrade. Oleh karena itu, server semakin baik sehingga penyakit baru pun bisa diciptakan atau penyakit itu menjadi sulit dirobohkan. Ya, penyakit baru dari yang terbaru pun semakin kuat. Jadi, FM ini pun bisa cukup menarik karena menggunakan metafora yang bisa dikatakan baik sehingga bisa berpuntir. 



Bukan hanya itu saja! Namun harus bisa diingat! FM itu tak hanya karya tulis yang singkat saja. Akan tetapi, harus tetap memenuhi unsur intrinsiknya, yaitu judul, alur, dan semacamnya. Nah, hal tersebut pun sudah terpenuhi dalam FM ini sehingga bisa dikatakan berhasil. Tentu, ini FM yang bisa saja termasuk drama karena drama di sini sangat melekat. Dalam artian melekat itu bisa dilihat dari permainan dialog serta judul yang bisa dikategorikan berhasil memperluas pandangan penafsiran. Bukan hanya itu saja! Akan tetapi, menarik karena kejadian seperti ini pun sedang terjadi saat ini. Sungguh![]


Salam 


12.14 AM

Tuesday, 14 September 2021

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Mari Berkenalan dengan Gurita Teleskop, Penghuni Laut Dalam!

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca