Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Apakah Stadion Bagus Bisa Memajukan Sepak Bola?

Stadion
Foto: GBLA/bola.com


S
udah
tak heran lagi bahwa stadion bagus adalah syarat mutlak untuk bisa melangsungkan pertandingan sepak bola dengan indah. Hal semacam itu pun tentu sangat diakui oleh pemerintah Indonesia. Oleh karena itu, banyak daerah-daerah yang ada di Indonesia ini menciptakan stadion bertaraf internasional. Namun, apakah semua itu sudah berhasil untuk bisa memajukan sepak bolanya? 

Pertanyaan semacam itu pun mungkin selalu melayang-layang di dalam pikiran para penikmat sepak bola nasional. Oleh karena itu, mungkin akan banyak jawaban yang tercipta atau pendapat-pendapat yang bisa terlontarkan. Dalam hal semacam ini pun harus bisa dipahami bahwa stadion yang bagus itu memang perlu. Namun, masalah utama yang harus diperhatikan itu adalah kinerja atau sistem liganya bagaimana? Apakah sudah baik? Ataukah masih belum baik? 

Stadion bagus memang hanya tempat untuk bertanding! Namun, semua itu pun tak bisa bertanding kalau tak ada pengadil di atas lapangan. Nah, oleh sebab itu, hal-hal semacam ini pun harus bisa dipahami bahwa pengadil atau wasit yang baik akan bisa memengaruhi pertandingan itu sendiri. Kemudian, bisa juga berefek kepada suatu kompetisi yang sehat dan baik pula. 

Sungguh, hal semacam ini mungkin selalu disepelekan oleh para petinggi sepak bola Indonesia. Sampai, tak ada bedanya setiap tahun per tahun, sepak bola Indonesia malah jalan di tempat. Bahkan, sampai merosot tajam ke lubang paling hitam, yaitu disangsi FIFA. Sebenarnya, hal semacam itu harus menjadi suatu ajang pembelajaran untuk bisa menjadi lebih baik lagi. Namun, entahlah! Entahlah! Sampai sekarang, belum terlihat perubahan yang signifikan itu. 



Stadion
Foto: Stadion Batakan/news.prokal.co


Memanfaatkan stadion bagus itu seharusnya bisa dipakai untuk memajukan sepak bola. Sebab, lapangan yang bagus maka pemain pun akan senang jika memainkan si kulit bundarnya. Namun, hal semacam itu pun harus kembali lagi ke dalam hati masing-masing, yaitu mempunyai keinginan memajukan sepak bola, bukan hanya meraup keuntungannya saja yang ada di dalam sepak bola. 

Patut sangat disayangkan terhadap pemerintah daerah yang tak bisa mengurus stadion bagus dan megahnya. Bayangkan saja! Membangun stadion itu mahal, tetapi malah tak terurus! Hal semacam ini pun sering terjadi karena alasan tak ada klub yang bertanding di liga tertinggi Indonesia ataupun soal jalan menuju ke stadion itu masih susah atau sepi dan lain-lainnya. 

Mungkin, resiko hal semacam itu pun harus bisa ditanggung. Sebab, dari awal membuat stadion bagus itu, tentu salah satu penilaian itu adalah akses jalan dan lainnya. Namun, kenapa stadion sudah berdiri kokoh malah tak terurus? Hal semacam itu pun harus mempunyai kesadaran bahwa suatu stadion bagus pun bisa menjadi aset atau ikon sebuah kota tersebut dan semua itu pun bisa menjadi salah satu tempat destinasi wisata olahraga.


Stadion
Foto: Stadion Utama Riau/wikipedia.org



Tentu, di Indonesia ini para petinggi yang mengurus sepak bola ini belum mampu untuk memanfaatkan stadion bagus-bagus yang sudah terbangun. Sebab, sistem kompetisinya pun masih harus diperbaiki lagi. Kenapa bisa seperti itu? Sebab, dalam keadaan liga sekarang ini masih banyak wasit yang kontroversi sehingga kabar miring tentang kompetisi pun selalu beterbangan. 

Pertanyaan selanjutnya, apakah masih bisa untuk bisa maju? Ya, tentu bisa dengan sokongan pemerintah yang berlomba-lomba membuat fasilitas terbaik. Oleh karena itu, fasilitas itu pun harus bisa dimanfaatkan untuk menciptakan liga yang bersih dari apa pun. Namun, semua itu pun kembali lagi ke tangan para petinggi sepak bola di tanah air ini. Apakah mau berubah? Ataukah diam saja?[]

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN